Selasa, 23 Oktober 2012

Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak

Cara kerja mesin motor 4 tak berbeda dengan motor 2 tak yang mempunyai siklus kerja yang lebih sederhana. Namun dengan mesin 4 tak maka sebuah kendaraan akan lebih ramah lingkungan karena asap yang ditimbulkan sebagai sisa pembakaran jauh lebih sedikit. Disebut 4 tak karena dalam siklusnya cara kerja mesin motor 4 tak melewati 4 langkah atau tahapan. Berikut peenjelasan dari masing-masing langkah pada cara kerja mesin motor 4 tak.
Cara kerja mesin motor 4 tak
Cara kerja mesin motor 4 tak

Cara kerja mesin motor 4 tak

1. Intake
Langkah pertama dalam cara kerja mesin motor 4 tak ini adalah intake yang berarti menghisap. Karena pada langkah ini piton bergerak ke bawah dari Titik Mati Atas sehingga akan menghisap bahan bakar yang telah dicampur dengan udara pada karburator. Saat piston turun maka klep atau valve inlet akan terbuka untuk menyalurkan bahan bakar dari karburator. Gerakan dan besaran bukaan valve inlet ini sendiri diatur oleh camshaft yang berputar dan secara berkala menekan tuas valve inlet agar terbuka bersamaan dengan turunnya piston.
2. Kompresi
Langkah selanjutnya pada cara kerja mesin motor 4 tak adalah kompresi, yaitu proses untuk mengkompres atau memampatkan bahan bakar yang sudah dihisap oleh piston. Proses ini akan terjadi saat posisi piston telah berada pada Titik Mati Bawah (TMB) dan valve intake telah tertutup. Karena kedua klep atau valve intake dan exhaust telah tertutup rapat sehingga bahan bakar bisa dimampatkan dengan pergerakan piston keatas hingga terjadi proses “ledakan” karena percikan dari busi pada langkah ketiga.
3. Combustion (pembakaran)
Setelah bahan bakar dimampatkan maka cara kerja mesin motor 4 tak selanjutnya adalah proses pembakaran bahan bakar tersebut. Perlu dicatat bahwa percikan yang dikeluarkan busi (ledakan) akan terjadi setelah piston telah turun atau mundur beberapa derajat dari posisi Titik Mati Atas (TMA), bukan saat piston mencapai TMA atau disebut titik 0 derajat. Karena jika busi meledak saat piston berada pada titik 0 derajat bisa terjadi piston mundur namun justru menggerakkan mesin dengan arah yang salah karena mengengkol crankshaft ke arah belakang, sehingga motor akan mundur.
4. Exhaust
Langkah yang terakhir pada cara kerja mesin motor 4 tak adalah pembuangan sisa pembakaran atau exhaust. Karena ledakan saat pembakaran maka piston akan terdorong hingga ke TMB dan kemudian piston akan kembali mendorong ke atas dengn kondisi valve exhaust akan dan valve intake tertutup. Sehingga gas buang sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui sambungan dari mesin ke knalpot atau Exhaust Port.
Demikian penjelasan cara kerja mesin motor 4 tak yang sehari-hari biasa kita gunakan. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda tentang teknologi yang ada di sekitar kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes