Cara kerja mesin motor 4 tak berbeda
dengan motor 2 tak yang mempunyai siklus kerja yang lebih sederhana.
Namun dengan mesin 4 tak maka sebuah kendaraan akan lebih ramah
lingkungan karena asap yang ditimbulkan sebagai sisa pembakaran jauh
lebih sedikit. Disebut 4 tak karena dalam siklusnya cara kerja mesin motor 4 tak melewati 4 langkah atau tahapan. Berikut peenjelasan dari masing-masing langkah pada cara kerja mesin motor 4 tak.
Cara kerja mesin motor 4 tak
1. Intake
Langkah pertama dalam cara kerja mesin motor 4 tak
ini adalah intake yang berarti menghisap. Karena pada langkah ini piton
bergerak ke bawah dari Titik Mati Atas sehingga akan menghisap bahan
bakar yang telah dicampur dengan udara pada karburator. Saat piston
turun maka klep atau valve inlet akan terbuka untuk menyalurkan bahan
bakar dari karburator. Gerakan dan besaran bukaan valve inlet ini
sendiri diatur oleh camshaft yang berputar dan secara berkala menekan
tuas valve inlet agar terbuka bersamaan dengan turunnya piston.
2. Kompresi
Langkah selanjutnya pada cara kerja mesin motor 4 tak
adalah kompresi, yaitu proses untuk mengkompres atau memampatkan bahan
bakar yang sudah dihisap oleh piston. Proses ini akan terjadi saat
posisi piston telah berada pada Titik Mati Bawah (TMB) dan valve intake
telah tertutup. Karena kedua klep atau valve intake dan exhaust telah
tertutup rapat sehingga bahan bakar bisa dimampatkan dengan pergerakan
piston keatas hingga terjadi proses “ledakan” karena percikan dari busi
pada langkah ketiga.
3. Combustion (pembakaran)
Setelah bahan bakar dimampatkan maka cara
kerja mesin motor 4 tak selanjutnya adalah proses pembakaran bahan
bakar tersebut. Perlu dicatat bahwa percikan yang dikeluarkan busi
(ledakan) akan terjadi setelah piston telah turun atau mundur beberapa
derajat dari posisi Titik Mati Atas (TMA), bukan saat piston mencapai
TMA atau disebut titik 0 derajat. Karena jika busi meledak saat piston
berada pada titik 0 derajat bisa terjadi piston mundur namun justru
menggerakkan mesin dengan arah yang salah karena mengengkol crankshaft
ke arah belakang, sehingga motor akan mundur.
4. Exhaust
Langkah yang terakhir pada cara kerja mesin motor 4 tak
adalah pembuangan sisa pembakaran atau exhaust. Karena ledakan saat
pembakaran maka piston akan terdorong hingga ke TMB dan kemudian piston
akan kembali mendorong ke atas dengn kondisi valve exhaust akan dan
valve intake tertutup. Sehingga gas buang sisa pembakaran akan terdorong
keluar melalui sambungan dari mesin ke knalpot atau Exhaust Port.
Demikian penjelasan cara kerja mesin motor 4 tak yang sehari-hari biasa kita gunakan. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda tentang teknologi yang ada di sekitar kita.
0 komentar:
Posting Komentar